You are here

FKIP Tanjungpura Kunjungi Prodi S2 MP PPs UNY

.“Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat perkembangannya harus ditangkap institusi pendidikan sebagai sebuah peluang dan tantangan. Program S-2 MP PPs UNY telah mengaplikasi pembelajarannya yang menyesuaikan dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi tersebut”. Demikian salah satu poin yang dipaparkan Kaprodi S-2/S-3 MP UNY, Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. ketika menerima rombongan study banding mahasiswa Program S-2 Prodi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura (UNTAN), Pontianak pada Rabu (20/11).

Sebanyak 49 orang mahasiswa FKIP UNTAN, didampingi oleh Prof. Dr. H. Aunurrahman, Dr. H.M. Sukri, M.Pd. (Ketua Jurusan), Dr. H. Wahyudi (Kaprodi), dan Dr. Hj. Masluyah Suaib (Sekprodi) melakukan studi banding ke Prodi MP PPs UNY. Menurut Prof. Dr. Aunurrahman, kegiatan studi banding ini bertujuan melihat lebih dekat pengelolaan Prodi S-2/S-3 MP UNY, sebagai salah satu LPTK tertua di negeri ini, juga untuk mencari informasi dalam rangka persiapan FKIP UNTAN yang akan membuka program S-3 AP.

Selanjutnya, Dr. Udik menyampaikan tentang akreditasi yang merupakan hal vital dalam perjalanan akademik sebuah prodi. Akreditasi merupakan portofolio yang berisi aktivitas/kinerja prodi yang sudah dilaksanakan. Pengisian borang akreditasi dapat dilaksanakan secara sistematis, “tidak grubyakan” (tidak terburu-buru) apabila dokumentasi prodi dilaksanakan secara baik oleh pengelolanya. “Itulah tips dan trik untuk mencapai predikat A dalam akreditasi prodi S2 MP PPs UNY”, tambahnya.

Lebih lanjut Prof. Aunurrohman menjelaskan bahwa sebagai LPTK yang cukup tua Prodi S-2/S-3 MP UNY tentunya memiliki pengalaman yang lebih dalam hal pengelolaan sebuah prodi. “Bahkan ke depan FKIP UNTAN berharap dapat terjalin kerjasama yang sinergis antara Prodi MP UNY dengan Prodi AP UNTAN”, ujarnya.

Setelah paparan umum, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Diskusi diakhiri dengan saling bertukar cindera mata dari kedua belah pihak dan foto bersama para pengelola.

Kegiatan study banding dilanjutkan kunjungan ke Perpustakaan Pascasarjana dan Perpustakaan Pusat UNY untuk melihat lebih dekat pengelolaan dan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan. Ada hal yang menarik ketika mahasiswa UNTAN berkunjung di perpustakaan. Mereka sangat antusias “memborong” memfotocopy beberapa koleksi buku. Hal ini dimungkinkan karena kunjungan di perpustakaan dijadwalkan selama 2 hari (Rabu-Kamis, 20-21 November 2013) sebelum mereka melanjutkan wisata di kota Jogja dan kembali ke Pontianak. (Eko Pramono)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)